TENTANGKALTENG.ID, KATINGAN — Pemerintah Kabupaten Katingan menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Tahun 2024. Dalam penilaian tingkat nasional itu, Katingan berhasil meraih predikat Baik dengan skor 72,372, menempatkannya di posisi ke-205 dari 415 kabupaten se-Indonesia.
Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Sutoyo, S.STP, MAP menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh jajarannya. “Capaian ini menunjukkan bahwa upaya kita dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha mulai memberikan hasil yang positif. Namun ini bukan akhir, melainkan awal untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya, pada Jum’at, 17 Januari 2025.
Ia menegaskan pentingnya sinergi antarelemen dalam menjaga dan memperkuat kinerja layanan publik. “Kedepannya, kita akan terus berkomitmen memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat, dan berkualitas, serta mendukung iklim investasi yang kondusif agar lebih banyak investor yang datang ke wilayah kita,” tuturnya.
Lebih lanjut, Sutoyo menyebutkan bahwa penghargaan ini menjadi bentuk pengakuan atas komitmen daerah dalam menyederhanakan proses perizinan serta mendukung pelaku usaha. “Dukungan dari Pemprov Kalteng juga menjadi faktor penting dalam mendorong daerah seperti Kabupaten Katingan, untuk mencapai kinerja yang lebih baik di bidang pelayanan publik dan kemudahan berusaha,” katanya.
Ia juga menekankan bahwa skor yang diraih menjadi indikator membaiknya sistem pelayanan. “Skor 72,372 menjadi bukti bahwa pelayanan publik, khususnya di bidang PTSP dan PPB semakin baik serta memenuhi standar nasional,” imbuhnya.
Katingan, kata Sutoyo, akan terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan daerah. “Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus bergerak maju dan berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Katingan yang lebih baik,” ucapnya.
Senada dengan itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Katingan, Hariawan, mengungkapkan rasa syukurnya. “Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh tim kami serta dukungan penuh dari pimpinan daerah. Kami akan terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan dunia usaha,” ujarnya.
Hariawan juga menambahkan bahwa pihaknya akan berfokus pada pelayanan yang adaptif dan ramah investasi. “Kami ingin memastikan bahwa setiap layanan yang diberikan dapat mempermudah masyarakat dan mendorong iklim investasi yang kondusif di Kabupaten Katingan,” katanya.
Reporter: Nurul Hidayah
Editor: Aris Kurnia Hikmawan